Cari Blog Ini

Minggu, 19 Desember 2010

Cloud Computing

Definisi Cloud Computing
Cloud (Awan) adalah metafora dari internet, awan sering digambarkan pada diagram jaringan komputer. Sebagaimana Awan dalam diagram jaringan komputer, Cloud Computing merupakan abstraksi dari infrastruktur yang disembunyikannya, sehingga Cloud Computing merupakan mode komputasi dimana kapabilitas teknologi informasi disajikan dalam bentuk layanan as a service, sehingga pengguna dapat menggunakan layanan melalui internet tanpa perlu tahu teknologi dan infrastruktur yang membantunya. Dari sisi layanan Cloud Computing dibagi tiga jenis layanan, yaitu Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS).

Cloud Computing (Sumber : Wikipedia.org)

Yang perlu dicatat di sini adalah tidak semua layanan yang ada di internet dapat disebut sebagai Cloud Computing. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk sebuah layanan Cloud Computing.
1. Layanan bersifat “On Demand”, pelanggan dapat berlangganan hanya yang dia butuhkan saja, dan membayar hanya untuk yang mereka gunakan saja. Sebagai contoh, sebuah perusahaan IT menjual sebuah aplikasi dimana terdapat 5 Fitur utama. Pelanggan memiliki kesempatan untuk memilih fitur tersebut. Dapat menggunakan semua fitur atau hanya memilih 1 fitur saja. Pelanggan hanya dikenakan biaya sesuai layanan yang dipilih.
2. Layanan bersifat elastis/scalable, di mana pelanggan bisa menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang dia inginkan kapan saja dan sistem selalu bisa mengakomodasi perubahan tersebut.
3. Layanan sepenuhnya dikelola oleh penyedia/provider, yang dibutuhkan oleh pelanggan hanyalah komputer personal/notebook ditambah koneksi internet.
Tujuan Layanan Cloud Computing
Cloud Computing merupakan sebuah “Cara baru” yang memungkinkan kita “menyewa” sumber daya teknologi informasi (software, processing power, storage, dan lainnya) melalui internet dan memanfaatkan sesuai kebutuhan kita dan membayar jasa/layanan dari apa yang kita gunakan saja. Dengan konsep ini, maka semakin banyak orang yang bisa memiliki akses dan memanfaatkan sumber daya tersebut, karena tidak harus melakukan investasi besar-besaran. Apalagi dalam kondisi ekonomi seperti sekarang, setiap organisasi/perusahaan akan berpikir panjang untuk mengeluarkan investasi tambahan dalam bidang IT. Terlebih lagi untuk mendapatkan layanan-layanan yang sifatnya insidensial atau dibutuhkan sewaktu-waktu saja.
Jadi dengan melihat potensi dan peluang ini, sudah selayaknya perusahaan IT dan Telekomunikasi di Indonesia sudah menyasar bisnis Cloud Computing. Apalagi di Indonesia, Unit bisnis UKM ternyata cukup besar dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi roda perekonomian Indonesia. Jadi ini merupakan peluang bagi penyedia layanan Cloud Computing untuk menyasar unit bisnis UKM.
Contoh Produk Cloud Computing di Indonesia
Salah satu contoh produk PT. Telkom Indonesia, Tbk untuk Cloud Computing adalah Telkom Cloud. PT Telkom memasarkan produk Cloud bekerja sama dengan Microsoft Indonesia. Detail produk Telkom dapat dilihat di http://www.telkomcloud.com.
Selain Telkom, Cloud Computing sudah dirambah oleh perusahaan IT seperti PT. In-finys System Indonesia, dan PT Indo Pacific (GreenView), PT Astra Graphia (Agit), MobileSoft Global, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar